Polsek Pagutan Berikan Pengamanan Mendak Bhatara Tirtha Pura Pemaksan

by -0 views

Polsek Pagutan Berikan Pengamanan Mendak Bhatara Tirtha Pura Pemaksan

 

Mataram – Polsek Pagutan Polresta Mataram dalam menjaga kondusifitas keamanan memberikan pengawalan dan pengamanan Mendak Bhatara Tirtha di Pura Pemaksan banjar Belatung Jalan Bung Karno Kelurahan Pagutan Barat Kecamatan Mataram Kota Mataram dari tanggal 17-19 Juni 2022. Minggu, (19/06).

 

Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Pagutan Iptu I Putu Sastrawan SH mengatakan bahwa telah berlangsung kegiatan Mendak Bhatara Tirtha ( Pujawali Piodalan ) Pura Pemaksan Banjar Belatung dengan ketua penyelenggara Krama Pura Pemaksan Banjar Belatung Sdr. I Komang Tegek Sitanarai, S.AG, sebagai permohonan pengamanan, ucapnya.

 

” Upacara Mendak Bhatara Tirtha (Pujawali Piodalan) yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali  yang jatuh pada hari Raya Kuningan, dengan route berjalan kaki yang dilalui yaitu dari Pura Pemaksaan Banjar Belatung menuju Arah Utara melalui Jalan Bung Karno menuju Pura Poh Gading selanjutnya kembali ke kearah Selatan menuju Jalan Bung Karno berakhir di Pura Pemaksaan Banjar Belatung, tandasnya

 

Kemudian di ikuti oleh umat hindu sedharma warga Lingkungan Belatung Kelurahan Pagutan Barat yang berjumlah kurang lebih sekitar 100 Orang menggunakan Baleganjur, tambahnya

 

Acara Mendak Bhatara Tirtha berakhir pada pukul 18.30 wita. berjalan aman ,tertib dan kondusif.Kemudian pada pukul 19.00 dilanjutkan dengan Upacara persembayangan di dalam Pura Pemaksaan Banjar Belatung, untuk acara Ngadagang yang di pimpin oleh Pemangku Mas Candra Astawa dari lingkungan Belatung ”

 

Selama kegiatan berlangsung menerapkan protokol kesehatan dan dimonitoring oleh Bhabinkamtibmas dan personel Polsek Pagutan, tutup Iptu Putu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.