Pemeriksaan Terhadap Hewan Ternak Sapi Di Kuripan Utara terhadap 74 Ekor Sapi, Hasilnya Sehat

by -0 views
Pemeriksaan Terhadap Hewan Ternak Sapi Di Kuripan Utara terhadap 74 Ekor Sapi, Hasilnya Sehat

Lombok Barat, NTB – Pemeriksaan terhadap Hewan ternak sapi dengan dugaan terjangkit penyakit mulut dan kuku berlangsung di Kandang Kumpul Dusun Perengge Luah. Yakni di Desa Kuripan Utara, kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (23/6/2022).

Kapolsek Kuripan, Iptu Sutrisno yang turut menurunkan personelnya dalam melakukan pendampingan mengatakan, dalam kegiatan tersebut melibatkan Tim Puskeswan Wilayah Tengah.

“Bersama Pemerintah Desa Kuripan Utara melaksanakan pemeriksaan suhu terhadap 74 ekor sapi. Terhadap kelompok ternak di Kandang Kumpul Dusun Perengge Luah Desa Kuripan Utara,” ungkapnya.

Kegiatan meliputi Pengecekan Suhu, Penyuntikan dan Pembersihan Kandang, dengan hasil terdapat ternak sapi dalam kondisi baik.

Pemeriksaan Terhadap Hewan Ternak Sapi Di Kuripan Utara terhadap 74 Ekor Sapi, Hasilnya Sehat“Setelah melakukan pengecekan Suhu pada ternak Sapi, mendapati hasil pengecekan suhu baik (turun Panas),” imbuhnya

Kegiatan penyuntikan ini merupakan suntikan yang kedua. Yang mana sebelumnya telah melakukan suntikan pertama dengan total ternak sapi dikelompok ternak  sebanyak 74 ekor, di Desa Kuripan Utara.

Adapun obat-obatan yang disediakan oleh Desa Kuripan Utara yang dipakai dalam pencegahan penularan Penyakit PMK pada ternak, berasal dari Dana Desa Tanggap Darurat.

“Menurut keterangan dari pihak Desa, menggunakan Dana Desa Tanggap Darurat, meliputi obat-obatan Penurun panas Sulpidon. Kemudian Antibiotik Limoksin LA dan Vitamin Jettasik,” katanya.

Terhadap para peternak, petugas dari Puskeswa, Aparatur Desa, maupun pihak kepolisian menghimbau agar ternak sehat di isolasi terlebih dahulu. Serta untuk jual beli ternak, agar meniadakannya terlebih dahulu, sampai situasi aman.

Dalam kegitan ini, turun langsung ke lapangan antara lain Kepala Desa Kuripan Utara, Sekdes Kuripan Utara, Kepala UPT puskeswan wilayah tengah. Kemudian Medik Vetteriner UPT puskeswan wilayah tengah, Koordinator peternakan kecamatan Kuripan bersama Tim PMK kecamatan Kuripan. Serta Bhabinkamtibmas Desa Kuripan Utara, Babinsa Kuripan Utara, serta para Pemilik Ternak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.