Polres Bima Kota dan Instansi Terkait Gelar Apel Siaga Bencana Tahun 2022 Di Halaman Pemkot Bima

by -0 views

Kota Bima, Dimensi.- Rabu (25/12) pagi tadi, Pemerintah Kota Bima menggelar apel siaga bencana,  Apel siaga bencana dalam menghadapi bencana tersebut, berlangsung di Halaman Kantor Pemkot Bima.

Apel siaga bencana yang dirangkai simulasi menghadapi bencana al tersebut, dihadiri Kabag Ops Polres Bima Kota Kompol Nusra Nugrahan, mewakili Kapolres Bima Kota bersama sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melaksanakan Apel gabungan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Pada media ini Kabag Ops Kompol Nusra Nugrahan, memastikan Polres Bima Kota menjadi garda terdepan dalam penanggulangan setiap bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

Polres Bima Kota kata Nusra Nugrahan, akan bersinergi dengan semua stakeholder yang ada dalam penanganan dan penanggulangan bencana, jika terjadi, baik itu bencana banjir dan bencana alam lainnya.

“Sebagaimana arahan dan perintah Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, seluruh jajaran Polres Bima termasuk Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan Polres Bima Kota, terus mengantisipasi setiap situasi dan kondisi yang terjadi. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana, langkah awal akan dilakukan,”kata Kompol Nusra Nugrahan disela-sela pelaksanaan simulasi bencana.

Diinformasikan pula, sejumlah pejabat eselon 2 Pemkot Bima juga tampak hadir pada apel siaga bencana tersebut, bersama sejumlah regu peserta apel diantaranya, personil dari Kodim 1608/Bima, personil Polres Bima Kota, Basarnas, BMKG, Forum PRB Mbojo Matenggo, MDMC Muhammadiyah Kobi, PMI Kota Bima, Tagana Kota Bima, Orari Kota Bima dan sejumlah pegiat penanggulangan bencana lainnya.

Kepala BPBD Kota Bima, Sukarno dalam laporannya, apel siaga bencana dimaksudkan koordinasi sinergitas semua komponen sekaligus pengecekan sarana prasarana.

Sementara itu, Sekda Kota Bima H Mukhtar MH dalam sambutannya mewakili Wali Kota Bima, mengawali dengan ucapan duka cita atas bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur Jawa Barat.

apel yang saya hormati , Kota Bima sangat mungkin berpotensi terjadi bencana mulai dari Hidrometeorologi Basah Berupa Banjir Bencana Dan Banjir Bandang , Hidrometeorologi Kering Berupa Kekeringan , Longsor , Angin Kencang , Gempa Bumi Dan Tsunami.

Berdasarkan hasil rilis dari Badan Meteorologi Dan Klimatologi Bima menyatakan musim hujan di wilayah Kota Bima Tahun 2022 ini, paparnya, akan berlangsung dari Dasarian bulan November sampai bulan Februari 2023.

Pada bulan Desember 2022 sampai akhir Januari 2023, bencana Hidrometeorologi menjadi bencana yang sering terjadi di Kota Bima, baik berupa banjir, banjir bandang dan kekeringan.

Pada Tahun 2021 yang lalu, intensitas kebencanaan hidrometeorologi di Kota Bima semakin meningkat. Pada bulan November dan Desember 2021 terdapat 15 kali kejadian banjir pada 13 kelurahan di Kota Bima.

“Ini kita dalam rangka upaya mitigasi dan pada hari kesiapsiagaan, melaksanakan Apel Siaga Dan Simulasi menghadapi Bencana Hidrometeorologi Tingkat Kota Bima Tahun 2022 yang merupakan kerja bersama,”kata Sekda.

Pemerintah Kota Bima dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Bima dan Tim Siaga Bencana Kelurahan serta Federasi Tim Siaga Bencana Kota Bima, terus meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana dengan meningkatkan ketangguhan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.